KATALOGISASI DI KOMPUTER

Resume BAB 8 Katalogisasi di Komputer 
Oleh Lidya Jolanda Meutia Kale, 1612311002 
I Made Indra Pramana, 1612311014 
D3 Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana. 


Abstrak: 
Tujuan pembuatan paper ini adalah untuk menreview tentang katalogisasi di computer yang terdapat pada bab 8. 
Dimana dalam paper ini kami menjabarkan pekerjaan pustakawan dan apa saja yang harus dilakukan oleh pustakawan ketikan melakukan kegiatan katalogisasi di computer.  
Kata kunci : pengkatalogisasian computer, katalog online 
Katalogisasi di computer 
Di dalam terminology terdapat pembatas, bidang, indikator, pemimpin, MARC, MARC21, PREMARC, USMARC. 
Yang mana pengertian dari pembatas tersebut ialah karakter atau symbol yang digunakan untuk mendahului setiap sub bidang dalam format MARC yang tergantung pada perangkat lunak. 
Pengertian dari bidang yaitu informasi bibliografi pada setiap record yang di pisahkan menjadi bagian yang berbeda, seperti penulis, judul penerbit, dll. Yang tiap bagian bidang tesebut di bentuk dalam bagian yang berbeda yang memiliki garis terpisah dengan sejumlah garis yang melekat. 
Pengertian indikator yaitu sebuah satu digit kode angka, untuk beberapa bidang, dua nomor yang digunakan, satu memberi instruksi ke computer untuk memproses informasi.  
Pengertian pemimpin adalah informasi yang terkandung dalam pemimpin termasuk statusnya catatan, jenis catatan, tingkat bibliografi, dan lain lain. 
MARC singkatan mesin membaca katalog ini terdiri dari sistem yang dapat memasukkan informasi katalogisasi pada computer. berikut standar yang dibuat oleh Perpustakaan Kongres, format standar ini memungkinkan perpustakaan lain untuk berbagi data, komputer untuk menafsirkan data, dan pengguna untuk mengambil data. MARC telah diadopsi oleh utilitas bibliografi dan perpustakaan individu yang katalog pada komputer. 
MARC21 merupakan sebuah kelanjutan dari USMARC dan CAN/MARC (standar MARC yang digunakan oleh perpustakaan kanada).  
PREMARC : sebuah catatan yang difilmkan oleh perpustakaan kongres shelfist dan konversi juga disebut Remarc 
 Subbidang ; setiap bidang dalam catatan MARC berisi beberapa potongan terkait data, dan masingmasing bagian dari data tersebut. 
USMARC : catatan MARC dibuat , digunakan , dan didistribusikan ,oleh standar yang telah ditentukan. awalnya disebut LC MARC pada tahun 1960 dan USMARC sampai tahun 1999, MARC 21 di indentivikasi dan direvisi. 
Pada abad ke 21 kebanyakan perpustakaan menghidupkan diskonversi dan mengkonversi ke katalog computer. Pekerjaan anda sebagai pustakawan sebagian besar akan terdiri dari salinan salinan katalog 
tetapi terkadang kita sebagai pustakawan juga harus mengadakan katalog asli. Yang dilakukan ketika kita menyalin katalog adalah kita akan menarik catatan dari database yang sesuai dengan bahan katalogisasi.  
Di dalam katalogisasi asli kita akan menarik sebuah bentuk kerja MARC kosong di computer dan menginput data kedalam masing masing bidang, karena informasi yang direkam oleh computer sama yang akan di ketik ke dalam kartu katalog.  
Klasifikasi dan katalogisasi teknisi untuk perpustakaan dapat di bagi bagikan brosur pada formasi di tiap item yang tetap sama, dan aturan yang di tetapkan akan mengikuti AACR2R untuk katalogisasi deskrptif, LCSH untuk subjek pos dan LCC atau DDC untuk nomor klasifikasi. 
Semua perpustakaan otomatis mengikuti format MARC, dalam setiap kelompok seratus, banyak informasi yang dapat di ungkapkan oleh “XX”. Misalnya dalam bidang 1XX untuk masuk utama, mungkin ada 100 bidang untuk penulis pribadi,110 bidang untuk nama perusahaan, atau 111 bidang untuk konfrensi sebagai pintu masuk utama, dll. 

Pada bab 4 sebelumnya, kita telah belajar tentang daerah dan unsur unsur yang harus di catat pada kartu katalog. Jika dengan menggunakan format MARC , ada beberapa unsur di dalam daerah MARC, unsur unsur tersebut ialah entri utama yang ditambah dengan judul subjek dan informasi yang relevan dan semuanya di sajikan dalam baris yang terpisah pisah dan di urutkan secara logis. 
Setiap barisnya di mulai dengan nomor tiga digit yang di sebut tag, dan diikuti oleh dua nomor tunggal (terpisah), indicator, dan kemudian frase deskriptif, yang di sebut bidang dan kemudian sub bidang yang akan memberikan penjelasan lebih merinci lagi. 
Perpustakaan kongres menunjukkan bagaiman indicator di tugaskan untuk memimpin dengan keterangan yang lebih halus. 
Sebuah panduan untuk format MARC  baik yang di terbitkan oleh perpustakaan kongres atau dengan ultilitas bibliografi seperti OCLC, harus disimpan karena akan menjadi berguna ketika kita mengkatalogisasi dan mempublikasikan secara online seperti kartu refrensi MARC. 
Katalogsasi online perlu menggunakan database komputer perpustakaan untuk menarik catatan bibliografi yang cocok dengan item yang kita akan katalogisasikan . hal ini dapat dicapai dengan cara yang berbeda, dengan banyak titik akses yang sudah dapat digunakan data yang benar sudah tersedia. Pada kebanyakan sistem awal yang baik digunakan adalah nomor ISBN, jumlah LCCN,penulis judul, dan beberapa kombinasi lain dari dua atau lebih elemen.  
Juga di kebanyakan sistem, kita mungkin bisa memenuhi syarat pencarian, seperti membatasi jenis bahan, seperti merekam video, atau tanggal, sehingga kita tidak perlu menelusuri melalui banyak judul untuk menemukan item yang ingin di cari. Dalam sistem OCLC, Anda juga dapat mencari menggunakan berbagai metode khusus. Salah satu contoh adalah 4, 3, 1 aturan, di mana oleh pengguna dapat memasukkan empat huruf pertama dari nama belakang penulis, menambahkan koma, kemudian tiga huruf pertama dari nama penulis pertama, koma, dan huruf pertama dari nama tengah penulis dll. 
Cara lain untuk mencari adalah dengan judul, menggunakan tiga huruf pertama dari kata pertama, koma, dan kemudian dua huruf pertama kata judul kedua, koma, dan kemudian dua huruf pertama dari kata ketiga judul, seorang koma, dan akhirnya huruf pertama dari kata keempat dalam judul. Hal ini disebut sebagai 3, 2, 2, 1 .OCLC pencarian menggunakan kombinasi lain dan sistem lain menggunakan teknik pencarian yang berbeda. 
Yang paling penting adalah memahami dasar-dasar dari format MARC, mengacu pada buku tangan atau manual dari sistem perpustakaan Anda menggunakan, dan mempelajari aturan rinci dan prosedur yang diperlukan untuk mengambil catatan. Mari kita anggap bahwa Anda menemukan catatan yang sama persis item yang sedang mencari untuk katalog. Pada titik ini, tambahkan perpustakaan Anda simbol holding untuk itu dan proses katalogisasi dilakukan. sistem manual Anda akan memberitahu Anda cara memasukkan simbol, yang dalam banyak sistem otomatis ditampilkan pada layar, kemudian tekan tombol kirim untuk menyelesaikan proses katalogisasi copy.  
Jika catatan hanya berbeda sedikit dari item Anda, seperti memiliki penerbit yang berbeda, edisi yang berbeda, atau dengan cara lain yang berbeda meskipun penulis dan judul yang sama, itu tidak dianggap cocok. Informasi di layar, namun, dapat digunakan untuk membangun sebuah entri baru untuk item yang Anda miliki. Beberapa kali Anda akan perlu untuk menambah, menghapus, atau mengubah data sesuai dengan kebutuhan setempat. Jika catatan untuk item Anda tidak ditemukan, katalog asli diperlukan. Dalam kasus seperti itu, Anda akan menarik bentuk kerja dan mengisi semua informasi yang diperlukan, hati-hati cocok semua data Anda ke ladang dan subbidang format MARC. Pada saat ini tidak hanya pengetahuan Anda tentang format MARC penting, seperti yang dibahas dalam bab ini, tetapi Anda juga akan memerlukan keterampilan yang Anda pelajari dari bab-bab sebelumnya untuk menetapkan judul subjek, nomor klasifikasi, dan aturan untuk menggambarkan item fisik. Hanya setelah Anda memasukkan semua data dapat catatan disebut lengkap. Akhirnya, simbol perpustakaan Anda ditambahkan ke catatan seperti di copy katalog. Singkatnya, tidak peduli apa sistem otomatis menggunakan perpustakaan Anda, itu adalah versi format MARC. Selama Anda memiliki pemahaman yang menyeluruh dari format MARC, Anda dapat katalog pada sistem Anda dengan mengikuti prosedur keluar berbaris di manual pengguna untuk sistem 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Judul Buku dan Analisis Subjeknya

Perbedaan AACR dan RDA